Blogging : Hobi, Berbagi, & Inspirasi

10:53 PM


Hobi/ho·bi/ (kata benda) kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang.

Masih ingat kan saat masih kecil, sering sekali orang-orang bertanya apa hobi kita. Kebanyakan anak-anak biasanya menjawab hobinya adalah bernyanyi, membaca, menggambar, mendengarkan musik, & sebagainya. Ketika kembali ditanyakan hal yang sama saat ini, jawaban apa yang akan kamu berikan?

Jika ada yang bertanya apa hobi saya saat ini, blogging adalah jawabannya.

* * * * *

Saat ini saya berprofesi sebagai seorang dokter, namun di sisi lain saya juga seorang blogger. Tidak terasa, sudah 4 tahun saya menulis di blog ini. Semakin berjalannya waktu, saya semakin menyukai & menekuni dunia blog. Ya, blogging benar-benar sudah menjadi hobi saya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hobi adalah suatu kegemaran atau kesenangan pada waktu senggang. Begitu pula dengan blogging, yang menjadi kesenangan saya di sela-sela sibuknya beraktivitas. Terkadang blogging juga bisa menjadi kesibukan tersendiri, namun tetap menyenangkan. Itulah hobi. Sesuatu yang kita sukai, yang membuat kita senang selama & setelah melakukannya.

Awal mula blogging, sebenarnya hanya karena ikut-ikutan saja. Tahun 2009 saya memulai blog pertama yang isinya curhatan atau tulisan yang ternyata saya sadari bahwa tidak menarik untuk dibaca banyak orang. Akhirnya tahun 2010, saya memutuskan untuk menghapus blog tersebut & berhenti hingga tahun 2012.

Nah, ternyata pada tahun 2012 semakin banyak blogger-blogger berhijab & saya pun memutuskan untuk kembali membuat blog. Pada blog saya yang baru, awalnya saya juga ikut-ikutan tren saat itu untuk mem-posting foto Outfit Of The Day (OOTD). Maksud hati berharap menjadi fashion blogger, namun ternyata gagal. Lalu apakah saya berhenti blogging lagi? Oh, tentu saja tidak.

Saya sadar, pengetahuan yang saya miliki seputar fashion belum sebanyak para fashion blogger. Sehingga akhirnya saya memutuskan untuk menjadikan blog tersebut sebagai blog personal. Jadi, semua tulisan adalah dari sudut pandang pribadi saya. Mulai dari pakaian yang saya pakai, pemikiran atau opini saya, acara-acara yang saya hadiri, & yang lainnya.

Setelah mantap membuat blog personal, saya pun memiliki harapan besar akan blog ini. Saya tidak mau menjadikan blog ini hanya sebagai kesenangan pribadi, namun juga menjadi sarana untuk berbagi & menginspirasi. Tentunya dengan cara saya sendiri.


Salah satu hal yang cukup sering saya tulis di dalam blog ini adalah tentang bagaimana saya memadukan pakaian yang saya pakai sehari-hari atau ketika menghadiri beberapa acara. Bagi para fashion blogger maupun orang-orang yang sudah terbiasa dengan fashion, tentu hal ini sangatlah mudah. Tapi bagi saya, ini cukup membingungkan. Apalagi dengan kondisi tubuh saya yang besar & tidak proporsional seperti yang lainnya. Memadukan pakaian cukup sulit & akan mempengaruhi kepercayaan diri. Hal ini pula yang (mungkin) menjadi keresahan para muslimah yang kondisinya tidak jauh berbeda dengan saya.

Berawal dari keresahan pribadi, akhirnya saya memberanikan diri untuk berbagi seputar padu padan pakaian khususnya bagi yang bertubuh besar seperti saya. Sejujurnya saya sempat tidak percaya diri, tapi kembali lagi dengan tujuan untuk berbagi & menginspirasi yang lainnya. Ah, mungkin saja kan ada yang terinspirasi...

Dan benar saja, setelah beberapa postingan saya mendapatkan beberapa e-mail dari orang-oirang yang membaca blog saya. Salah satunya, ada yang mengirim e-mail seperti ini:
"Aku suka banget sama blog kakak, menginspirasi sekali. Dari blog kakak, aku bisa niruin style kakak. Jujur, aku orangnya ga percaya diri karena aku mempunyai tubuh yang gendut. Tapi karena kakak, aku jadi percaya diri buat bergaya apa aja..."

Ada juga e-mail lainnya yang secara meminta pendapat saya untuk membantu & memberi masukan mengenai pakaiannya. Saat saya membaca berbagai e-mail tersebut, sempat tidak percaya bahwa apa yang saya tulis & bagikan dalam blog bisa memberikan dampak positif bagi orang lain. Bahagia sudah pasti, namun saya tidak langsung merasa berbangga hati. Dengan adanya umpan balik seperti itu, justru membuat saya semakin semangat blogging. Bukan untuk dipuji, namun untuk terus berbagi & menginspirasi.


Selain berbagi & menginspirasi dalam hal berpakaian, saya juga berbagi dalam blog melalui sebuah tulisan mengenai profesi saya sebagai seorang dokter. Tulisan tersebut berasal dari sudut pandang saya yang masih menjadi dokter muda saat itu. Saya bercerita mengapa saya bercita-cita menjadi seorang dokter & apa yang saya dapatkan selama menjalani prosesnya.

Walaupun awalnya ragu untuk menulis hal ini, takut tidak banyak memberikan manfaat bagi yang membacanya. Tapi setelah saya mem-posting tulisan tersebut, ternyata banyak yang memberikan komentar positif. Terutama mereka yang memiliki cita-cita yang sama seperti saya untuk menjadi seorang dokter. Apalagi ketika ada yang berkomentar bahwa setelah membaca tulisan saya, mereka menjadi bersemangat untuk meraih cita-citanya. Salah satu komentarnya, seperti ini:
"Terima kasih kak buat motivasi sama inspirasinya, ditunggu buat cerita inspiratif selanjutnya..."

Padahal apa yang saya lakukan tidaklah seberapa. Namun saya ingin berbagi tentang apa yang saya alami & berharap dapat menjadi inspirasi bagi yang lain. Ketika apa yang saya tulis ternyata benar-benar menginspirasi, ini menjadi kebahagiaan & pencapaian yang luar biasa.

Hingga sekarang, saya selalu berharap semoga blog ini dapat terus memberikan hal positif.

* * * * *

Bicara soal blogging, tampilan blog menjadi salah satu hal penting agar dapat menarik para pembaca. Semakin banyak yang membaca blog saya, harapannya akan semakin banyak pula yang terinspirasi. Hal yang menunjang tampilan blog salah satunya adalah foto dengan kualitas yang baik & menarik.

Selain kamera yang oke, kartu memori wireless juga menjadi andalan saya ketika memakai kamera DSLR. Biasanya akan cukup memakan waktu untuk memindahkan foto dari kamera ke HP untuk diedit terlebih dahulu melalui aplikasi yang ada di HP. Tapi setelah membeli kartu memori wireless di Bukalapak (www.bukalapak.com), memindahkan foto dari kamera ke HP kini tidak perlu repot lagi. Apalagi saya bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau serta berbelanja dengan mudah & terpercaya.

   

Nah, untuk blog post seputar OOTD saya biasanya mencari referensi pakaian muslimah melalui HIJUP (www.hijup.com). Kalau ada baju yang saya suka, bisa langsung berbelanja untuk dipadu padankan sesuai selera & selanjutnya saya posting di blog.

Intinya, apapun hobimu selalu lakukanlah dengan sepenuh hati & dapat bermanfaat. Manfaat yang tidak hanya bagi diri sendiri, namun bagi sekitar. Jadikan hobi sebagai hal positif bagi dirimu & sebarkan kepada yang lainnya. Karena menyebarkan hal positif dapat dilakukan kapan saja & dengan berbagai cara.


Kalau melalui blogging, saya bisa menjadikan hobi untuk berbagi & menginspirasi. Bagaimana dengan kamu?

Salaam,
IndahRP

“Hobimu, Inspirasi Sekelilingmu.”

You Might Also Like

8 comments

  1. Samaaaa, akupun suka blogging. Berbagi inspirasi dan sesekali jadi sumber rezeki, hihihi.

    ReplyDelete
  2. kece deh indah,
    semangat terus bloggingnya dan terus menginspirasi ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ingga yang kece juga.. Semangat juga buat ingga! :)

      Delete
  3. kalo ngeblog sdh menjadi hoby ... nulis blognya pun jadi lebih semangat

    ReplyDelete
  4. Makasih kak Indah inspirasinya. Dari hobby bisa jadi inspirasi banyak orang ya
    .. Semoga semakin banyak inspirasi yg di share lagi kak..

    ReplyDelete