Outfit Ideas: Earth Tone Festive

8:00 PM


Assalamualaikum!

Tidak terasa ya, saat ini kita sudah hampir berada di pertengahan bulan Ramadhan. Mudah-mudahan tetap semangat menjalani aktivitas & beribadah di bulan suci ini, serta bisa mempertahankan semangat beribadah walau nanti Ramadhan usai.

Bicara soal Ramadhan, banyak hal yang terkait dengan bulan penuh rahmat ini. Mulai dari banyaknya ibadah yang bisa kita maksimalkan, aneka pilihan menu sahur & berbuka puasa, hingga berbagai pakaian yang muslim maupun muslimah yang hadir dengan edisi Ramadhan atau bahkan edisi Lebaran.

Ramadhan pun tidak terlepas dengan Hari Raya Idul Fitri, sebagai bentuk kemenangan bagi ummat Islam dengan kembali ke fitrah. Nah, yang namanya Idul Fitri alias Lebaran pastinya tidak heran lagi bahwa momen ini juga identik dengan baju lebaran. Baju lebaran setiap orang pun beraneka ragam, tapi tidak sedikit yang beranggapan bahwa baju lebaran harus baju yang baru.

Padahal, makna sesungguhnya tidak harus selalu memakai baju baru saat Lebaran kan? Yang penting bajunya bersih & suci dari hadas maupun najis sehingga bisa tetap sah dipakai ketika sholat.

Tapi... bukan berarti membeli baju khusus untuk momen Lebaran adalah hal yang salah. Jika memang masih ada rezeki lebih untuk itu, tentu tidaklah mengapa. Yang jelas, terlebih dahulu rezeki sudah disisihkan untuk ditabung, sedekah, & zakat tentunya. Hal yang salah adalah ketika memaksakan diri untuk membeli baju lebaran namun di luar kemampuan kita.

Walaupun sebenarnya Idul Fitri atau Lebaran masih beberapa minggu lagi, tidak ada salahnya kan mulai memikirkan saat silaturahim nanti ingin pakai baju apa? Ya.. namanya juga perempuan, tetap saja sudah kepikiran siap-siap ini itu hehe.

Hmm.. kalau dipikir-pikir saat Idul Fitri beberapa tahun terakhir ini, saya sering memakai dress dengan warna-warna pastel. Seperti saat Idul Fitri tahun lalu misalnya, saya memakai dress nuansa pink seperti yang pernah saya bahas juga di blog pada tulisan berikut.

Nah, tahun ini sepertinya saya ingin nuansa yang berbeda dari tahun sebelumnya. Terinspirasi dari warna-warna tanah & alam, yang juga menjadi pilihan warna favorit saya beberapa waktu belakangan ini. Yaitu warna-warna bumi, atau yang lebih dikenal dengan earth color.

Earth color dengan nuansa warna tanah & alam, mulai dari gradasi warna coklat, kuning muda, hijau tua, abu-abu, hingga krem memberikan kesan menenangkan & netral. Saya suka sekali dengan warna-warna netral seperti ini, karena terlihat "adem" & akhirnya juga terlihat lebih kalem.

Pilihan warna sudah ada, tinggal mencari inspirasi untuk outfit apa yang cocok dipakai saat Lebaran nanti. Akhirnya saya iseng-iseng deh browsing koleksi baju lebaran 2017 di website ZALORA, wah ternyata ada yang bisa saya mix and match sesuai tema yang saya mau.

Penasaran apa saja yang berhasil saya temukan? Ini dia fashion item yang berhasil saya rangkai menjadi satu outfit & saya beri judul "Earth Tone Festive".

Kami Idea // Lulla Shawl

Lulla Shawl dari Kami Idea ini warna kalem banget. Dengan dasar warna krem & bermotif abstrak, shawl ini cocok banget dipakai saat Lebaran nanti. Kombinasi warna-warnanya yang netral juga membuat wajah tampak lebih cerah saat memakainya. Bahan crepe dari shawl ini juga adem, sehingga akan terasa nyaman walaupun seharian silaturahim ke rumah keluarga & saudara.

I.K.Y.K // Asia Outer Brown

Walaupun namanya ada kata "outer", tapi Asia Outer Brown dari I.K.Y.K ini juga bisa dipakai sebagai atasan. Potongannya simpel & longgar dengan warna coklat yang sederhana, tapi dengan adanya model bell-cut pada lengan baju ini menjadikannya tidak biasa.

Pilihan baju dengan potongan yang longgar seperti ini sangat cocok untuk dipakai sebagi baju muslimah, ditambah panjang baju yang menutup bagian belakang & paha sehingga lebih sopan. Bahan katun linen dari baju ini juga menjadi pilihan agar tidak panas walaupun seharian bepergian saat Lebaran nanti.

Mannequina // Asya Cullottes

Sebagai bawahan, saya memilih Asya Cullottes dari Mannequina. Mengapa saya pilih celana kulot? Karena kita bisa bergerak dengan leluasa, apalagi saat Lebaran pasti tidak hanya duduk manis di rumah saja kan... Model celana kulot juga saya pilih karena lebih ringkas & nyaman. Dibandingkan ketika memakai rok atau dress yang harus memakai legging sebagai dalaman, atau celana denagn potongan body fit yang terlalu membentuk lekuk tubuh.

Bukan berarti memakai celana kulot jadi terkesan tidak formal loh, tergantung dari warna & bahan yang kita pilih. Seperti pada celana ini misalnya, warna coklat muda yang netral cocok dipadukan dengan berbagai atasan. Bahan wolly crepe juga menjadikan celana ini jatuh dengan sempurna seperti celana bahan yang formal pada umumnya, namun tetap nyaman dipakai.


Dan jika ketiga fashion item ini saya gabungkan menjadi satu... Tadaaaa~ ini dia hasilnya. Jadi terbayang kan akan seperti apa jika dipakai saat Lebaran nanti. Simple but still stylish enough, right?

Bagaimana dengan kamu, kira-kira nuansa seperti apa yang kamu inginkan untuk baju lebaranmu nanti?

Salaam,
IndahRP

You Might Also Like

2 comments

  1. wah kaka, earth colour memang paling cocok dipakai dalam segala suasana ya nggak hanya lebaran . warnanya kalem dan bikin kita mkin down to earth buat sehari-hari. nice pict

    ReplyDelete