THE INTERVIEW - Afra Nurina

7:17 PM

*****


Assalamu'alaikum :)
Assalamu'alaikum..

What kind of activities that you do now?
Aktivitas sekarang Alhamdulillah baru selesai S2 nya terus lagi ngurus clothing line yang baru aku buat sama temenku, Treimée namanya. And actually I'm kinda busy of looking for a job now, wish me luck! Hehe..

Please describe yourself in 3 words..
humorous, cheerful, world-traveler, agak perfeksionis dikit, multi tasking
*eh lebih dari 3 ya?*

Could you please tell about your clothing line? When did you start it & Why?
Treimée, clothing line yang aku buat berdua sama temenku namanya Nadya Annisa.

Treimée sendiri singkatan dari “Notre Aimée”  yang artinya “Our Beloved”.
Nama ini pemberian Lucky, suaminya Nadya.
Treimée officially launched 15 July 2012 pas acara Sisterhood Dian Pelangi di FX Jakarta.

Aku dan Nadya udah temenan lama, sama-sama pengen banget punya clothing line dari dulu.
Sebenernya mulainya itu pas waktu itu Nadya lagi main ke tempatku pas aku masih kuliah di Singapore, Juli 2011.
Kita ngobrol banyak dan rencana mau buat clothing line.
Dari situ mulai banyak kumpulin info-info dan siapin semuanya.

Dan karena aku baru selesai S2 bulan Oktober 2011, terus lanjut ambil short course fashion design di Esmod dan Nadya juga masih kuliah di Malaysia, jadi kita baru meeting lagi itu awal tahun 2012.
Setelah itu baru bener-bener fokus kerjain semuanya.
Kenapa pengen buat clothing line, kita enggak mau dibilang ngikutin orang-orang yang udah buat clothing line duluan, karena emang passion aku pribadi dari dulu sebenernya disitu.
Cuma waktunya aja baru sempet sekarang.

Dulu sebelum ada Treimée juga udah sempet buat clothing line sendiri tapi bukan baju muslim.
Terus karena aku pikir Insya Allah lebih berkah kalo bisnis juga yang islami,
makanya aku pengen banget buat clothing line baju muslim.
Tujuannya sih mudah-mudahan bisa menginspirasi dan menambah pilihan berbusana bagi para muslimah. 

Insya Allah sih pengennya enggak hanya clothing line, tapi buat shoes brand sendiri juga.
Kenapa sepatu? Soalnya aku sukaaaaa banget sama sepatu and i think i'll never get enough of them, hihi.. 


When did you start to wear hijab? Why?
Dari kecil udah terbiasa liat mama yg pakai jilbab, jadi udah ngerti kalo wanita itu harus pake jilbab.
Dan ngeliat mama kayanya cantik dan anggun banget jadi suka dandan-dandan di kamar mama,
terus pakai jilbab mama meskipun kedodoran.
Dari kecil kadang pakai jilbab, dulu di TK islam, jadi setiap Jum'at pakai jilbab.
Terus pindah ke Kalimantan dan enggak ada TK islam, sekolah negeri biasa enggak pakai jilbab.
Sampai SMP negeri, ikut TPQ gitu deket rumah tiap ngaji pake jilbabnya atau kalau ada acara pesantren kilat, dll.

Pas SMA sekolah di Al Azhar. Saat itu wajib pakai jilbab full day setiap harinya.
Waktu itu emang sekalian mau pake jilbab beneran, tapi masih karena disuruh mama, bukan dari hati sendiri.
Alhasil selama sekolah sampai kuliah masih lepas-pakai jilbab terus.
Pakai jilbab di sekolah sama acara-acara sekolah aja, kalau pergi kadang pakai - kadang nggak.
Dulu mau ada orang yg nyinyir liat aku kadang pake kadang nggak aku cuek aja.
Astaghfirullah, nyesel banget sih kalo diinget-inget nakal banget dulu lepas - pakai jilbab segala.

Tapi lambat laun aku jadi mikir dan capek sendiri begitu terus.
Aku juga malu banget sama Allah, Allah amat sangat baik sama aku, tapi aku malah enggak ngikutin perintah-Nya.
Akhirnya lama-lama aku udah enggak pernah lepas jilbab lagi.
Insya Allah pakai terus sampai sekarang dan sampai akhir hayat nanti.
Meskipun masih banyak kekurangannya, tapi aku masih sambil belajar pelan-pelan.

Dulu mungkin merasa kayaknya sedih banget kalo pakai jilbab, suka diledekin.
Dan di lingkungan temen-temen cuma aku yg pakai jilbab.
Tapi sekarang Subhanallah, karena pakai jilbab juga dari hati dan karena Allah,
bukan karena disuruh, rasanya lebih nyaman.
Justru banyak banget manfaat yg aku dapat karena berjilbab.

What are your joys and sorrows during wear hijab?
Alhamdulillah rezeki ada aja datangnya.
Makin memperluas silaturahmi juga, makin banyak temen, terutama temen-temen yang berjilbab juga.
Sekarang udah banyak banget yang berjilbab dan kita bisa membuktikan
bahwa dengan berjilbab kita tetap bisa beraktivitas seperti biasa, tetap stylish dan keren.

Yang jelas pakai jilbab bisa membentengi diri dari hal-hal yg enggak baik,
at least sebelum melakukan sesuatu kita bisa mikir dulu "kan berjilbab masa kayak gitu".
Jadi menurut aku juga emang bener pake jilbab dulu.
Urusan hati, perbuatan, sikap, dan lain-lain Insya Allah akan mengikuti.

What do you think about hijab style nowadays?
Hijab style sekarang ini udah lebih bervariasi sekali, makin keren-keren, cantik-cantik.
Subhanallah sekarang makin banyak sekali yang memakai hijab.
Aku sendiri senang ngeliatnya.. karena dengan dakwah melalui style hijab,
jadi banyak lagi wanita-wanita yang memakai jilbab.

Yang penting mereka memakai jilbab bukan karena mengikuti trend,
but they want to show that being muslimah and wearing hijab is still looks stylish and even prettier.
Meskipun hijab style sekarang tetap ada kontroversi,
tapi menurut aku itu pendapat dan keyakinan masing-masing aja, karena semuanya proses belajar.

Please describe about your hijab style..
Aku kalo pakai hijab lebih seneng yg simple, enggak terlalu suka yg kayak gaya-gaya hijab sekarang sebenernya.
Karena aku enggak suka pakai inner ninja, jadi kalo pakai hijab lebih seneng yg jilbab segi empat (jilbab paris).
Atau seandainya pakai scarf persegi panjang pun aku pakenya kaya jilbab biasa,
bukan yg dililit macem-macem gitu, hehehe.. Berasa ribet ngeliatnya, hihi..

Terus buat traveling aku lebih seneng pake hijab turban style, lebih praktis dan nyaman aja.
Apalagi kalo traveling pas lagi winter, wah jadi lebih hangat rasanya kalo hijabnya turban style :D

3 must have items for you..
socks ----- kaos kaki butuh banget buat shalat.
medicine & hand sanitizer
bros, jarum pentul, peniti ----- untuk jaga-jaga kalo kita butuh untuk jilbab/hal lain.

Any tips or tricks for Muslimah who wants to stylish but keep in the right way?
Just be your self, wearing clothes, shoes, and accessories that make you comfortable.
Jadi diri sendiri aja, boleh stylish, tapi kalau enggak nyaman malah repot sendiri nanti.
Yg penting pakai baju sesuai occassion dan venue.
Jangan sampai salah kostum dan sebisa mungkin tetap memperhatikan baju yg dipakai sesuai syar'i atau nggak.

Kalau aku pribadi sih enggak mau bilang enggak boleh pakai jeans atau enggak boleh pakai apa,
karena aku juga masih belajar.
Aku masih belum bisa pakai baju yg lebar-lebar gitu, pakai kaos kaki, kadang masih suka pakai baju agak ngepas.
Tapi aku menempatkan diri aja tergantung acaranya,
enggak mungkin acara pengajian aku pakai jeans dan kaos, pasti pakai baju yg longgar.
Kalau pergi sama temen-temen yg acara santai baru pakai jeans/pants yg santai,
hijabnya juga mengikuti pakai turban style biar enggak ribet.

Ya sebenernya itu balik lagi ke style dan kepribadian masing-masing aja.

Tapi pelan-pelan sambil belajar mana yg seharusnya, mana yg enggak boleh.

Ikuti kata hati masing-masing, hijab dan style adalah pilihan masing-masing.

The choice is yours :))


Thanks for your answers! :)

follow her on twitter: @afranurina

You Might Also Like

0 comments