Striped & Bold

8:00 AM


Assalamualaikum!

Beberapa hari terakhir ini saya jadi rajin blogwalking ke hijab blogger lainnya. Hasilnya? Saya menemukan banyak kegalauan sekaligus inspirasi, terlebih bagi saya yang masih bisa dibilang pemula menjadi seorang blogger. Hasil blogwalking ke beberapa blog ini insyaAllah akan memberikan inspirasi bagi saya untuk postingan & perkembangan blog ini selanjutnya.

Okay, back to the title. This post is about "Striped & Bold" of my outfit. Lebih tepatnya outfit yang saya pakai saat menghadiri roadshow film "Hijab" di Yogyakarta beberapa minggu yang lalu. Saya memilih untuk mix & match striped blouse berwarna monochrome & long skirt berwarna senada dengan scarf berwarna bold sebagai kontras.

Striped Blouse --- Banyak yang bilang ketika memakai pakaian dengan motif striped atau bergaris (terlebih dengan arah garis vertikal) akan membuat seseorang terlihat lebih kurus. Ga percaya? Coba deh googling berbagai keyword tentang "pakaian motif garis vertikal" & "terlihat kurus", baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris akan banyak artikel yang membahas keterkaitaan kedua hal ini. Hmm.. tapi benarkah itu?

Kalau menurut opini saya yang masih sangat awam soal fashion maupun soal ilusi optik, bagaimanapun jenis motif garis pada pakaian (vertikal maupun horizontal) akan memberikan keuntungan & kerugiannya masing-masing tergantung dari seperti apa kita menempatkan garis-garis tersebut pada pakaian. Maksudnya? Maksudnya adalah saat mix & match pakaian bermotif garis, sebaiknya bisa sesuai dengan tujuan kita untuk membentuk kesan yang lebih melebar atau lebih memanjang. Misalnya: bagian sekitar perut-pinggang-pinggul terlihat lebih besar, bisa saja memakai atasan dengan motif garis vertikal, tapi di perpotongan daerah pinggang bisa sedikit diberi tambahan belt tipis warna yang sama untuk "memotong" garis vertikal agar tidak terlalu monoton & belt ini bisa memberikan kesan sedikit ramping di bagian pinggang.


Contohnya seperti apa yang saya pakai ini. Striped blouse yang saya pakai adalah motif vertikal tapi di bagian pinggang saya memakai belt tipis berwarna hitam untuk memberikan kesan sedikit ramping (bukan untuk membentuk lekuk tubuh ya..), dibandingkan jika striped blouse tersebut saya biarkan loose begitu saja tanpa belt. Selain itu saja juga memakai long skirt hitam polos sebagai bawahannya, untuk "menetralkan" motif yang sudah ada pada atasan yang saya pakai. Kurang-lebih cara di atas bisa menjadi salah satu pilihan agar pemakaian motif garis pada pakaian bisa terlihat lebih baik.

Bold Scarf --- Bagi yang sudah pernah membaca postingan blog sebelumnya atau mungkin sempat melihat beberapa postingan foto instagram saya, pasti tau kalau saya termasuk jarang memakai scarf atau jilbab dengan warna terang menyala & berani atau yang lebih dikenal dengan istilah "bold". Kenapa? Pada dasarnya saya kurang percaya diri ketika berada di lingkungan baru, jadi masih suka merasa kalau warna-warna terang membuat saya mudah terlihat oleh orang lain (padahal sih sadar juga kalau orang lain cuek-cuek aja). Nah, tapi kadang jadi mikir kadang warna jilbab cukup penting agar wajah terlihat lebih segar atau bahkan jadi semakin pucat terutama lagi bagi saya yang minimalis banget pakai make-up lebih tepatnya lebih sering no make-up. Ngomong-ngomong soal pemilihan warna jilbab, ada postingan bagus nih dari kak Tia yang bisa dilihat di sini.


Terus kenapa dong tiba-tiba bisa mau pakai jilbab dengan warna yang terang untuk outfit ini? Pertama, saya mau mulai memberanikan diri memakai variasi warna agar warna yang saya pakai tidak itu lagi-itu lagi. Kedua, karena outfit saya (atasan & bawahan) sudah dominan warna hitam-putih, jadi saya ingin memberikan warna yang lebih terang sebagai kontras agar outfit saya tidak terlihat terlalu color-match atau terlalu monoton pada warna tertentu. Jadi inti dari outfit ini tetap pada striped blouse, namun dengan scarf berwarna bold bisa memberikan nilai plus sehingga outfit ini lebih berwarna. Bener ga ya?

Mini Sling Bag --- Kalau mini sling bag yang satu ini sih super andalan banget buat saya. Dipakai berkali-kali tetap oke-oke saja, bahannya yang terbuat dari kulit dengan warna netral tentu cocok-cocok saja dipakai dengan outfit yang casual. Mini sling bag ini juga membuat kita lebih efisien untuk membawa barang bawaan di dalam tas, cukup berisi dompet, HP, & kunci kendaraan. Simple outfit with simple accessories, well said.

Nah, sekian dulu yaa sharing soal style & outfit dari saya. Semoga bermanfaat sekaligus bisa menginspirasi teman-teman semua yang membacanya. Terlebih untuk yang memiliki ukuran big size seperti saya atau yang masih bingung & kurang pede untuk style berpakaian dalam berhijab, karena saya juga sama seperti kalian semua :)

See you on the next post(s)!


Salaam,
IndahRP

Scarf & Blouse: Thamrin City - Skirt: Karita Muslim Square
Sneaker Wedges: gslshoponline (instagram) - Belt & Mini sling bag: Malioboro

You Might Also Like

5 comments

  1. Replies
    1. *brb diet* huaaa tanda-tanda pipi makin chubby nih comment nya begini -,-

      Delete
  2. Indaaaahhhh, kyaaaaaaaaa,, gemeeessss...
    Cantik ndah, cocok gitu lhoooo pake warna bold XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa nasib pipi chubby kemana-mana kaaak hahahaha

      Iyaa nih bikin pangling saking jarangnya pake warna bold, tapi ya gitu deh anaknya masih ga pede-an hihi

      Delete
  3. Hey, very interesting post!
    We’re calling hijabers, breastfeeding moms, and fashionista to visit http://www.belyanza.com to get fabulous fashion hijab items! Sale! Sale! Sale!

    ReplyDelete