New month, new domain

7:44 AM


Assalamualaikum good people!

Tidak terasa sudah berganti bulan ke-2 di tahun 2015 ya.. Tidak terasa juga kalau tahun ini blog saya sudah "beredar" selama 3 tahun. Walaupun sebenarnya pertama kali mulai nulis via blog dari tahun 2009 yang kemudian blog pertama saya hapus & tumblr saya sudah inaktif, akhirnya di tahun 2012 baru deh mulai bikin blog dari awal.

Di bulan ini juga insyaAllah resmi pakai domain baru, indahrp.com setelah pusing tanya-tanya, googling, youtube-ing cari info gimana caranya pindah domain dari .blogspot.com ke .com seperti sekarang. Alhamdulillah, berhasil juga pindah domain & redirect, jadi walau klik atau ketik indahrp.blogspot.com tetap akan langsung redirecting ke indahrp.com

Dan postingan ini saya dedikasikan untuk blog ini, jadi tak akan ada iklan lewat foto-foto saya di postingan berikut (berbahagialah bagi para pembaca yang mulai bosan sama foto-foto di blog saya, hehe).

* * * * * *

sedikit flash back awal mula blog ini dibuat...

Setelah menghapus blog pertama saya karena isi yang terlalu personal, akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah blog lagi untuk menyalurkan hobi menulis saya. Di awal tahun 2010-an mulai banyak hijab blogger yang dikenal di dunia maya, yang saat itu mostly adalah fashion blogger. Saya pun sempat blogwalking ke beberapa blog para hijab blogger tersebut & akhirnya dalam hati punya keinginan mau punya blog seperti mereka. Latah? Bisa dibilang begitu, tapi saya lebih suka menggunakan kata terinspirasi. Ya, terinspirasi untuk mempunyai blog seperti itu tapi tetap blog yang "saya banget".

Dan... tadaaaaa~ lahirlah blog ini, yang isinya bukan murni hanya soal fashion, style, atau OOTD aja, tapi saya juga sharing soal review tempat, makanan, acara atau hasil fotografi amatiran saya atau sekedar sharing pemikiran saya (seperti di postingan ini misalnya).


nama blog-nya apa nih?

Alamat URL pertama di blog ini aja saya juga udah lupa, tapi akhirnya menetap jadi indahrp.blogspot.com dengan nama blog saat itu IND. by Indah Riyanti Putri. Alasan kenapa nama blog nya itu awalnya ingin punya branding dari nama "Indah" & akhirnya membuat singkatan dari 3 huruf yaitu "IND."

nama blog pertama saya

Nama blog tersebut sempat bertahan lama, hingga akhirnya kembali galau karena merasa terlalu panjang untuk menjadi nama sebuah blog. Lagi-lagi soal keinginan & harapan agar blog ini bisa memiliki branding-nya sendiri, branding yang benar-benar "saya banget". Apa ya?

Berawal dari aktif di media sosial (twitter & instagram), Alhamdulillah mulai ada beberapa orang yang tadinya belum kenal akhirnya mengenal saya lewat akun media sosial. Ketika bertemu dalam beberapa event, spontan mereka pasti berkata "Ooh.. kamu yang indahrp itu ya?" & sejenisnya. Saya pikir kalau sudah mulai banyak yang mengenal saya sebagai seorang "indahrp", mengapa tidak nama ini dijadikan branding dari blog saya juga?

Nah, akhirnya (insyaAllah juga seterusnya) nama blog ini menjadi indahrp. Alasannya? selain karena label "indahrp" yang sudah cukup melekat dengan saya, nama ini juga alamat URL blog, sehingga semakin memudahkan orang-orang untuk familiar dengannya :)

nama blog saya saat ini -- semoga bisa menjadi branding yang bagus yaa :)



ganti domain blog ga ya? ganti, ga ganti, ganti..

Setelah bergabung dengan Indonesian Hijab Blogger (IHB), saya makin banyak mendapat inspirasi dari para hijab blogger lainnya. Salah satunya adalah ketika mulai beberapa di antaranya pindah domain dari domain awal blogspot atau wordpress menjadi domain com, saya pun jadi kepikiran mau beli domain baru juga. Walaupun blog saya traffic-nya belum seberapa dibanding hijab blogger lainnya yang traffic-nya ramai dengan total viewers berjuta-juta, tapi gapapa lah dicoba dulu aja.

Alasan utama mengapa pindah ke domain baru adalah agar alamat blog menjadi lebih sederhana & mudah diingat. Kembali lagi soal nama blog seperti yang sudah saya bahas di atas, nama blog serta URL saya buat sama yaitu "indahrp" dengan harapan bisa menjadi branding yang bagus untuk blog ini. Menurut pandangan saya yang masih sangat awam soal branding, akan lebih mudah diingat bila nama blog & URL yang sudah sesuai juga didukung dengan alamat blog yang lebih sederhana (dalam hal ini tanpa embel-embel subdomain).

* * * * * *

Sekian postingan khusus menyambut domain baru blog ini *cieeeee*. Semoga bulan baru dengan domain baru, bisa membuat saya semakin semangat untuk konsisten blogging & bisa memberikan maupun mendapatkan manfaat dari blog ini. Aamiin!


Salaam,
IndahRP

You Might Also Like

16 comments

  1. Pertamaxx gan!!
    Ahayyy... domain baruuuu... :D
    traktiran dooong :D :D :D

    ReplyDelete
  2. yeeey selamat ka innn!!!, mau belajar ah dari ka indah nanti gimana cara ganti domain. hhehhe :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ienaaa :)
      Wah aku bingung ngajarinnya gimana, aku aja modal nekat udah beli domain duluan padahal ga ngerti gimana cara pindahnya, hampir ngerasa rugi eeh Alhamdulillah googling + youtube sana sini akhirnya bisa juga..

      Delete
  3. cieee indah udah pindah domain baru nih yee....aku juga pen pindah nih. jadi makin semangat cari2 referensi buat pindah domain....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi.. iya kak Alhamdulillah berhasil ganti domain & ga jadi rugi karena udah beli domain duluan tanpa tau cara pindahnya :D
      Semangat cari referensinya! :)

      Delete
  4. waaahhh heheh samaan kita
    suka galau soal nama blog sama design header haha
    padahal kepikiran juga mau ganti domain
    tapi gabisa sendiri ngutak ngatik,,
    bayar orang yg ahli ^o^
    inih lagi proses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa dulu galau banget suka gonta-ganti header blog.. semoga berhasil juha buat ganti domain nya yaa :)

      Delete
  5. selamaaaaat yaah mbak ganti domain, ajariiin dong mbak gimana gnti domainnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih.. waa aku juga modal cari info & utak-atik sendiri nih hehe..

      Delete
  6. Great logo :D

    http://putrivalentinalim.blogspot.com/2015/02/everbest.html

    ReplyDelete
  7. Wah, selamat ya sudah ganti domain. Kalau aku jangankan domain namanya aja belum pernah ganti, padahal blognya udah lumayan lama, hihihi :)

    ReplyDelete
  8. Indaaah, asik bener udah ganti domain, pasti makin semangat ngeblog yaaaa XD XD XD
    Iyess, nama IndahRP udah jadi brandingmu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin.. semoga bisa makin semangat ngeblog kayak kak tia hihihi.

      Waah.. alhamdulillah deh semoga IndahRP bisa jadi branding ku ;D

      Delete